APA TUJUAN DAN FUNGSI MEMPELAJARI PSIKOLOGI PENDIDIKAN?
Konsep pendidikan pada hakikatnya adalah pelayanan yang khusus diperuntukan bagi siswa (orang-orang yang sedang belajar). keberadaaan psikologi pendididkan pada dasar nya adalah untuk mempermudah pendidik dalam menerapkan proses belajar mengajar. Dengan mempelajari psikologi pendidikan, paling tidak para calon guru atau guru telah mendapat gambaran mengenai kondisi dan situasi keberadaan diri pribadi, peserta didik dan lembaga pendidikan (Suryabrata, 2004).
Psikologi pendidikan merupakan sebuah disiplin psikologi yang khusus mempelajari, meneliti, dan membahas seluruh prilaku manusia yang terlibat dalam proses pendidikan, yang meliputi tingkah laku belajar (siswa), tingkah laku belajar (guru dan tingkah laku belajar mengajar (guru dan siswa), yang saling terkait atau berintraksi satu sama lain. Inti persoalan psikologis dalam psikologi pendidikan adalah tidak mungkin mengabaikan persoalan psikologi guru, karena hal ini (profesi sebagai guru) terletak pada kondisi siswa (Suryabrata, 2004).
Lebih jauh, psikologi pendidikan sebagai displin ilmu, sudah barang tentu mempunyai fokus tujuannya sendiri, yaitu: Pertama, tujuan ilmu itu sendiri (untuk apa ilmu ini dipelajari dan dikembangkan oleh para ahlinya), Kedua, tujuan kurikuler dalam mempelajari sesuatu ilmu analisis terhadap pemikiran sesuai dengan yang digambarkan oleh dua psikologi terkemuka (Lindgreen dan Bernard) sebagai berikut:
1. Menurut Lindgreen, “Tujuan psikologi pendidikan adalah untuk membantu guru dan perkembangan prospektif para guru dalam memahami proses pendidikan yang terbaik”
2. Menurut Bernad, “pada dasarnya tujuan psikologi pendidikan adalah untuk memahami bagaimana proses belajar mengajar cara lebih efektif dan tetapa sasarannya”.
Dari dua pendapat ahli di atas dapat dipahami bahwa tujuan mempelajari dan dikembangkan psikologi pendidikan adalah untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan untuk membantu para guru dan calon guru agar betul-betul memamahami proses pendidikan yang baik, sehingga mereka dapat membimbing proses belajar para siswanya cara lebih efektif dan terarah sebagai upaya untuk mengembangkan potensipotensi anak didiknya di sekolah secara optimal.
Adapun beberapa fungsi dan manfaat psikologi pendidikan lainnya adalah :
- Membantu memahami karakteristik peserta didik.
- Memperkaya teori pembelajaran yang sudah ada.
- Merumuskan berbagai kebijakan terkait progam parenting.
- Menolong pemerintah dalam merumuskan kebijakan terkait pendidikan karakter.
- Sebagai jembatan antara guru, orang tua dan peserta didik.
- Memberikan kontribusi besar dalam menyususun kurikulum.
- Meningkatkan hubungan yang sehat antara pendidik dan peserta didik.
- Membantu mengembangkan model dan metode pembelajaran yang sudah ada.
- Membantu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik.
- Membantu mencari solusi seputar permasalahan di dunia pendidikan, seperti sikap negatif peserta didik, menyontek, bully, keterlambatan belajar, dll.
- Bersama dengan disiplin ilmu lain, psikologi pendidikan berkontribusi dalam mencari inovasi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Komentar