Malino Disiapkan Jadi Sentra Anggrek

Minggu, 23 Oktober 2011 19:32 WITA | Ekonomi

Malino Disiapkan Jadi Sentra Anggrek
MAKASSAR, SULSEL - TAMAN ANGGREK. Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla (kiri) bersama Mufida Jusuf Kalla (tengah) dan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (kanan), mengunjungi kebun pembungaan bibit anggrek di Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulsel, Minggu (23/10).(FOTO ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang)
Malino, Sulsel (ANTARA News) - Desa Malino Kecamatan Tinggi Moncong Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) disiapkan menjadi sentra budi daya anggrek di Indonesia dalam lima tahun mendatang.

"Kita akan ajak masyarakat untuk mengembangkan tanaman anggrek di rumahnya agar mereka dapat memperoleh keuntungan untuk kesejahteraan keluarganya," kata kata Hj. Mufidah Jusuf Kalla pada peresmian kebun anggrek di Malino, Minggu.

Ia mengatakan, kendati kebun anggrek tersebut miliknya, namun dibangun bukan untuk kepentingan pribadinya melainkan demi kepentingan masyarakat luas karena industri bunga sangat menjanjikan bagi peningkatan kesejahteraan.

Di dalam kebun tersebut, juga dikembangkan beberapa jenis bunga yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Ia mengharapkan, masyarakat juga dapat mengikuti perkembangan teknologi industri anggrek.

Dalam kesempatan itu, ia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gowa dan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang telah membangun infrastruktur jalan menuju lokasi kebun anggrek.

Kebun anggrek ini, kata Gubernur Sulsel, juga akan dikembangkan di Kabupaten Tana Toraja dan Bantaeng sebagai wujud pengembangan komoditas tersebut untuk peningkatan pendapatan masyarakat. "Saya akan jaga kebun ini,"ujarnya.
Jusuf Kalla mengatakan, Malino berjuluk kota bunga dan di masa depan, Malino akan menjadi kota bunga anggrek yang tidak hanya dikagumi bangsa tapi juga para wisatawan.

Peresmian kebun anggrek ditandai penyilangan bunga anggrek masing-masing dilakukan mantan Wapres Jusuf Kalla, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan unsur pimpinan daerah tingkat provinsi lainnya.(T.KR-RY/S016)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI EVOLUSI DARWIN VS LAMARCK

Elektrolisis Larutan Kalium Iodida

Teori Evolusi Darwin Lengkap dan teori penciptaan khusus